Puskemas Cipayung Agendakan Berbagai Kegiatan di Bulan September

DEPOK, indonesiaonline.id – Lokakarya Mini Tri Wulanan LOKMIN Puskesmas Cipayung hari ini Kamis (29/08/2019) berlangsung di Aula Kecamatan Cipayung.Depok.
Kepala Puskesmas Cipayung dr Gigi Mita menjelaskan,
Lokakarya Mini Tribulanan ke-3 bulan Agustus 2019 ini dilaksanakan melibatkan lintas sektor adalah laporan pelaksanaan program kesehatan dan dukungan sektor terkait di Cipayung.
” Selain itu sebagai inventaris masalah atau hambatan dari masing-masing sektor dalam pelaksanaan program kesehatan.” ujar dr Mita.

Dikatakan,”Sasaran ke ketiga nya yakni pemberian informasi baru dalam proses pelaksanaan kegiatannya puskesmas, dala. menganalisis hambatan dan masalah pelaksanaan program kesehatan dari masing-masing sektor juga merumuskan cara penyelesaian masalah dan menyusun rencana pelaksanaan kegiatan dan menyepakati kegiatan berikutnya.”

Ditambahkan dr Mita,” Hasilnya Lokakarya adalah rencana pelaksanaan bulan Agustus sampai bulan Oktober,serta kesepakatan bersama untuk menjalankan rencana kegiatan.” ujar
dr MiIta.
Sedangkan rekomendasi nya adalah pelaksanaan kegiatan untuk bulan September yakni Kegiatan Penjaringan Kesehatan dari tingkat SD sampai SMA.

” Selain itu juga ada kegiatan Pelatihan Dokter Cilik bagi siswa di TK maupun PAUD yang melibatkan K3S Kecamatan Cipayung, juga lomba dokter kecil yang nanti akan dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Cipayung.” papar dr Mita.

Kegiatan lainnya yakni sosialisasi bahaya Nafsa untuk anak sekolah yang akan melibatkan Polsek Pancoran Mas dan BNN Depok.

Dr Mita menambahkan,” Pihaknya juga akan menyelenggarakan kegiatan pemerisaan kesehatan bagi anak kelas 1 kelas 7 dan kelas 9 dari terdiri dari pemeriksaan umum, gigi dan pemeriksaan Indra secara umum dan 9 program kerja Dinas Kesehatan yang diturunkan ke Puskesmas Cipayung.” jelasnya.

Menyinggung pasien terbanyak yang dilayani selama musim kemarau ini, disebutkan adalah penyakit hipertensi kurang lebih sekitar 916 orang yang terdeteksi hipertensi darah tinggi menyusul ISPA 870 orang.

Lokakarya Mini Tri Bulananan melibatkan lintas sektor Dinas Kesehatan Dr Rien Pramindari, Camat dan lurah, Danramil, Kapolsek ,KUA, Ketua K3S,Kepala UPT Puskesmas Ratu Jaya Dokter Dr Imran Fanani.(Dd,wira)

140 Views