Penyuluhan Kader PMO Kelurahan Curug, Upaya penanggulangan Tbc

Kelurahan Curug , Cimanggis

CITRA INDONESIA ONLINE – Di Buka oleh Camat Cimanggis H.Eman Hidayat kemarin siang (Kamis,3/oktober) yang di dampingi Lurah Curug Bambang, Penyuluhan untuk Kader PMO (Pengawas Minum Obat) di gelar di aula kelurahan Curug, Kegiatan yang masih dalam Rangkaian PHBS ini di bagi menjadi 2 waktu yaitu pagi dan siang.

Kasi Ekbang kelurahan Curug Siti maimunah SE menjelaskan sasaran penyuluhan masih seperti sebelumnya yaitu para kader kader yang ada di wilayah kelurahan Curug namun kali ini lebih kepada para kader PMO dimana para kader di berikan wawasan dan pengetahuan lagi terkait penyakit menular yaitu TB (Tubercolosis) tentang bagaimana penularan,Gejala,dan penanggulangan nya sehingga minimal mampu mendeteksi dini.

” kita harapkan tidak hanya meningkatkan pengetahuan tapi yang lebih penting dapat meningkatkan kepedulian dari pada lingkungan sekitarnya Karena dengan peduli itu nanti mereka akan tergerak,karena bagaimana pun juga TB itu masih suatu penyakit yang berbahaya ” Papar kasi Ekbang Siti maimunah.

Beliau juga menghimbau agar jangan sampai anak anak tertular TB dan kita harus memutus mata rantai penyakit ini, jadi pengetahuan tentang bagaimana pencegahannya,menghadapi nya bahkan tindakan ketika terjadi kasus TB mesti di fahami.

” Kita berharap Semoga di kelurahan kita ini kasus kasus TB ini semakin menurun dan yang sudah terjangkit benar benar mau minum obat sampai sembuh dan tuntas ” pungkasnya.

Sementara itu narasumber dari puskesmas cisalak Wa Ode Moliyun,AMK menjelaskan tentang materi yang di sampaikan yaitu tentang investigasi kasus TB yang kemudian setelah di lakukan rencana pemetaan investigasi lebih lanjut para kader akan memberikan data ke puskesmas yang nantinya pasien akan di intervensi terkait perlunya di obati atau tidak dengan catatan harus di periksa terlebih dahulu.

” Harapan saya khususnya kader PMO Kelurahan Curug mereka Termotivasi dan memiliki inovasi untuk lebih meningkatkan kesehatan warga nya,terutama mengidentifikasi pasien dengan kasus TBC,karena dengan itu mereka bisa menekan tingkat kesakitan TBC itu sendiri ” Tutup wa Ode Moliyun

 

DD/Citra Indonesia

 

140 Views