Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) adakan Sosialisasi Sinergitas tingkat kecamatan Cilodong tahun 2022

Cilodong Depok,- Citra Indonesia.id,- Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM ) dan Forum Pembauran Kebanggaan ( FPK ) tingkat Kecamatan Cilodong adakan Sosialisasi Sinergitas di Aula Kecamatan Cilodong Jumat 16 September 2022.

Kegiatan yang bertema “Kita Tingkatkan Gotong royong dlm mewujudkan kerukunan beragama dan berbangsa ini dibuka oleh Sekcam Cilodong, Zaenal Arifin,

Narasumber dalam acara ini Ndaru Ferik Prasojo (Kabid PDN/Ormas kesbangpol), dan AKP Sutarno (Wakasat Intelkam Polres Depok), Sutrisno.

Zainal Arifin Selaku Sekretaris Kecamatan Cilodong didampingi Kasie Pemerintah dan pembangunan Kecamatan Cilodong.Sutrisno
Hadir dalam acara juga para Ketua dan anggota FKDM, FPK, LPM, Babinsa, Babinkamtibmas dan tokoh masyarakat se Kecamatan Cilodong.

Menurut Zaenal Arifin kegiatan ini penting untuk disampaikan kepada yang hadir dan disampaikan kepada masyarakat khususnya di wilayah Cilodong.
Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keamanan masyarakat di Cilodong kita mengingatkan teroris me mungkin masih ada di sekitar kita untuk itu perlunya ada pencegahan Dini dan pelekat suku suku agar tidak terjadi gesekan di wilayah ini.

Zainal Arifin mengatakan ” Sosialisasi ini penting agar kita semua bisa mendeteksi dini keamanan, adanya terorisme dan siap juga dengan pemetaan wilayah yang rawan konflik,” ujar Zaenal Arifin.

Menurut nya konflik bisa terjadi berawal dari hal kecil , misalnya konflik suami-istri yang akhirnya memicu konflik keluarga besar dimana anggotanya aktif di ormas berbeda.dan dan sebagainya. “Di Cilodong kita punya FKDM dan FPK tingkat kecamatan untuk menjalankan Fungsi nya seperti mengadakan pertemuan dan berkolaborasi dengan warga yang peduli lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu Ndaru Ferix Prasojo, juga mengingatkan agar FKDM dan FPK di Kecamatan juga menyadari implementasi dari tugas tugasnya serta fungsi mereka dimasyarakat.

“Mereka harus paham bersinergi dengan aparat seperti Babinsa dan Babinkamtibmas . Mereka harus memahami tugas pokok dan fungsinya cara- cara cegah dan kewaspadaan dini, deteksi dini sebelum awal penciptaan kondisi yang stabil di wilayahnya.

Sehingga kerja mereka bisa dinikmati
Sehingga kerja mereka bisa dinikmati masyarakat dengan terjaganya keamanan,” ujar Ndaru Ferix.

Selanjutnya Nara sumber kedua dari Nara sumber AKP Sutarno selaku Wakasat Intelkam Polres Metro Depok mengatakan hal ” Ini sangat penting karena kedepan kita menghadap pemilu 2024. Peran FKDM dan FPK sangat perlu karena akan ada dinamika politik, kita harus lebih siap mendeteksi kemungkin yang bisa saja terjadi terkait keamanan,” ujarnya.

mengadakan soaialisasi dengan melakukan pemutaran video tentang pencegahan adanya terorisme yang ada di indonesia,Agama dan gangguan lainya,
Apabila terjadi hal hal yang akan terjadi konflik agar Segera menghubungi Babinsa atau Babinkamtibmas setempat papar Suyatno

Sementara ketua FKDM kecamatan Cilodong
Rosnauli. Napitupulu yang akrap disapa Bunda Yuli
Memberikan Tanggapan,
Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini semua audens yang hadir dapat mensosialisasikan kembali ke masyarakat tentang pentingnya kewaspadaan di lingkungan sendiri ( keluarga) dulu dan masyarakat luas. Tingkatkan siskamling kembali agar dapat membuat lingkungan aman dan kondusif dari tindak kejahatan. Tingkatkan sinergitas dengan 3 Pilar.papar Bunda Yuli

(Din Yusab Citra Indonesia)

106 Views