Sosialisasi PHBS Satu Rumah Satu Jumantik Kelurahan Curug Cimanggis

Kelurahan curug

CITRA INDONESIA ONLINE – Berlangsung tadi pagi (Rabu,2/10) di aula kantor kelurahan Curug Cimanggis program PHBS (pola Hidup Bersih Dan Sehat) mengadakan sosialisasi penyuluhan bertema Geriji (Gerakan 1 rumah 1 Jumantik) dengan di hadiri para kader posyandu dan poswindu dari seluruh RW yang ada di wilayah kelurahan Curug.

Dengan menghadirkan 3 narasumber dari Dinas kesehatan kota depok di antaranya :

1. Dr.Tiur Febrina Pohan kepala seksi keslingjaor

2. Hj.saiyah, AMK  Seksi p3m

3. Rusyana SKM dari seksi keslingjaor

Acara ini di buka oleh Kasi Kemas kelurahan Esih Samiasih.SKM Mewakili lurah Bambang yang mengikuti kegiatan TMMD, para kader yang hadir tampak menyimak dengan seksama apa yang di sampaikan oleh masing masing narasumber dan juga melempar pertanyaan kepada Nasum ketika sesi tanya jawab berlangsung.

Penanggung jawab kegiatan Siti Maimunah,SE selaku Kasi Ekbang Mengatakan sosialisasi Geriji ini memang Sebagai rangkaian kegiatan dari program PHBS.

” Program Geriji ini kita harapkan setiap individu nanti masing masing punya kesadaran untuk memeriksakan rumahnya sendiri dari jentik nyamuk jadi tidak tergantung dengan kader yang bertugas mensurvei, jadi yang kita ambil memang para kader yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,dan nanti kita akan lakukan pendataan door to door ” Papar Siti Maimunah.

Masih Menurutnya, dengan sasaran penyuluhan para kader posyandu & poswindu dari 15 posyandu yang ada di harapkan nantinya mereka akan mensosialisasikan kembali ke warga masyarakat lainnya yang berada di wilayah masing masing.

” Tujuan penyuluhan mengenai Jumantik ini agar wilayah yang ada di kelurahan Curug terbebas dari jentik nyamuk dengan melakukan Geriji yang secara tidak langsung dapat mengurangi penyebab penyakit demam berdarah ” Ujar Ketua TP PKK kelurahan Lili Suryani, Dan beliau juga mengingatkan kemungkinan musim penghujan yang sebentar lagi sehingga sampah yang berada terutama di saluran air harus segera di bersihkan.

Salah satu narasumber dari dinas kesehatan depok Rusyana  menjelaskan bahwa dinas depok memang  memiliki  inovasi tentang tuntaskan jentik nyamuk dengan Geriji dan ini adalah langkah dan upaya sosialisasi untuk para kader yang kemudian di harapkan di teruskan ke masyarakat, ” Tadi materi yang di berikan tentang faktor penyebab DBD dan beberapa kasus DDB yang terjadi di kota depok yang berhubungan dengan angka bebas jentik dan tentu kemudian penanganan nya seperti apa jika terjadi kasus DBD ” Pungkasnya.

 

DD/Citra Indonesia Online

 

200 Views