RW 01 Jatijajar Gelar Pembekalan Adminduk Tanpa Bantuan Anggaran dari Dinas

Depok,- Citra Indonesia.id,- Ketua RW 01 Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos Kota Depok menggelar kegiatan pelatihan dan pembekalan administrasi dasar kependudukan kepada pengurus RT, Kader PKK, DKM, Amil dan tokoh masyarakat.

Kegiatan seperti ini biasanya dilakukan Dinas Disdukcapil namun sayangnya hanya sebatas tingkat Kecamatan.
Ditemui disela kegiatan, Ketua RW 01 Jatijajar, Achmad Mauludin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan mengenai tertib administrasi
“Kita membantu Pemkot Depok agar tertib administrasi di masyarakat yang baik, kita juga memberikan ilmu kepad para RT dan pengurus lainnya untuk lebih tertib lagi supaya lebih paham dalam menjelaskan ke masyarakat,” ujar Mauludin, Minggu (12/06/2021).

Kami takut kedepannya wilayah Jatijajar ini menjadi metropolis Kota Depok “Banyak pendatang yang datang tapi tidak tahu kependudukannya tidak jelas. Para pengurus lingkungan bisa memberikan masukan kepada warga agar tertib administrasi,” jelasnya.

Untuk Pemerintah Kota Depok kami selaku pengurus berharap sosialisasikan kepada pengurus yang di bawah tentang arti kependudukan, “Arti tertib administrasi bagi RT dan RW supaya kedepan Depok menjadi harapan yang lebih baik dan lebih bagus. Selama ini sosialisasi dilaksanakan pemerintah Kota Depok hanya dilingkungan kelurahan dan kecamatan tidak langsung turun ke bawah, jadi sebagian saja yang tahu. Kita sendiri tiap bulan mambahas segala permasalahan dalam grup pengurus baik hal kecil maupun besar. Dan kegiatan ini murni swadaya dari kami,” tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Jatijajar Mujahidin menyambut baik kegiatan pelatihan seperti ini
“Luar biasa, ini trobosan yang baru. Baru pertama yang dilakukan Ketua RW 01, kelasnya harusnya bukan RW tapi kelurahan. Mudah-mudahan pelatihan pembekalan ini bisa buat pegangan RT untuk penanganan Adminduk di wilayah masing-masing,” kata Mujahidin.

Sebetulnya dinas ada anggaran untuk sosialisasi seperti ini namun tingkat kecamatan,”Alhamdulillah pak RW sudah melakukan ini duluan dan ini sebuah trobosan luar biasa semoga bisa menjadi contoh RW yang lain. Harapan saya dengan pembekalan ini RT dan pengurus lain bisa mengerti administrasi yang benar supaya permasalahan Adminduk diwilayah segera teratasi,” pungkasnya.

(Dindin.Citra Indonesia)

22 Views