Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar ke – 103 tingkat Nasional Secara hibryd/Zoom

Kota Depok ,– Citra Indonesia,- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok bersama Kepala Dinas, para Kabid dan Kepala UPT Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan Penyelamatan Kota Depok, mengikuti Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar ke – 103 tingkat Nasional secara hibryd/Zoom dari Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta Jl.Gatot Subroto Kav. II No. 3 Jakarta Selatan.

Dinas Pemadam Kebakaran miliki beban tugas dan tanggung jawab yang berat, bukan hanya bertugas sebagai Pemadaman Kebakaran, akan tetapi juga memiliki misi Penyelamatan.
Ditemui usai upacara, Sekda Kota Depok Supian Suri mengatakan, kerja Disdamkar dan Penyelamatan Depok, kini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat.

Dengan kesadarannya akan tugas dan tanggung jawab, serta resiko yang diemban para pemadam, Supian Suri mengapresiasi penuh, karena telah memberikan dharma bhakti kepada masyarakat Kota Depok.

“Sekarang kerja-kerja Damkar, semakin dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu saya memberikan apresiasi kepada seluruh petugas, yang telah siap siaga membantu masyarakat,” ujarnya, di Mako Disdamkar Depok, jalan Boulevard GDC, Selasa (1/3/2022).

Sekda menyampaikan ucapan, Dirgahayu HUT Pemadam Kebakaran Republik Indonesia ke-103, “Semoga senantiasa maju berkarya, membahu mewujudkan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disdamkar dan Penyelamatan Kota Depok, R.Gandara Budiana mengatakan, tema HUT kali ini “Pemadam Kebakaran dan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) sinergi bahu membahu mewujudkan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh.

Dikatakan, maksud penyelenggaraan upacara Peringatan HUT ke -103 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tanggal 1 Maret 2022, lanjutnya, diantaranya untuk membangun soliditas dan meningkatkan kesiapsiagaan seluruh aparatur Damkar, sebagai penegasan eksistensi Damkar dan penyelamatan.

Selain itu, lanjutnya, Disdamkar dan Penyelamatan mampu mengatasi kebakaran, kini sudah mampu juga atasi persoalan penyelamatan dan bencana, mulai dari hal sekecil apapun, Damkar bisa membantu menyelamatkan persoalan yang masyarakat alami.

“Ini juga sebagai sarana sosialisasi kebijakan dan meningkatkan kesadaran pecegahan kebakaran kepada seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya,” tukasnya.

Sasaran nya untuk peningkatan kapasitas kelembagaan dan aparatur Damkar dan Penyelamatan. Optimalisasi peran serta masyarakat dalam penanggulangan kebakaran melalui pembentukan REDKAR dan dukungan, dalam upaya percepatan penanganan COVID-19,” pungkasnya.

(Dd Citra Indonesia)

30 Views