HATI HATI ADAKAN LOMBA MEWARNAI ANAK

Depok,Citra Indonesia,- Pengalaman tragis ketika diadakan Lomba mewarnai gambar untuk anak anak yang bangga, optimism, namun ketika pembagian hadiah juara ada yang tidak dapat hadiah membuat anak trauma jadi watak pesimism, bagai terhina, sebaliknya bagi yang dapat hadiah bagai watak arogan, optimism, peristiwa ini menyimpang dari tujuan pendidikan kita yang membangun potensial modal kehidupan sumber daya anak yang luhur ada pada dirinya.

Karna akal anak belum maksimal terbangun, terbatas membedakan Haq dan batil.

Solusinya adakan saja semacam Festival yang semua anak senang mendapat hadiah.

Demikian Ceramah Maretta M Pd pada Worxhop ” IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka tingkat PAUD ” pada Sekolah Islam Cikal Harapan karya Yayasan Permata Sari yang dipimpin Eti Marie Muhammad diikuti 6 Cabang Jonggol, Beiji Depok, Percetakan Negara, BSD, Mampet (Mampang Prapatan), Citra Indah dengan Moderator Eko Purnomo MPd di Markaz pusat Yayasan Permata $ari jalan Mampang Prapatan 6 Pasar Minggu, Jakarta, 29 Juni 2022 siang.

Kehadiran Maretta terkenang 30 tahun lalu sosialisasi awal belajar PAUD bersama Kamsani Chaniago, Supiani Burhanudin, almarhumah Kamsanah di Sekolah
Cikal Harapan yang berbasis central diarahkan Prof Fasli Djalal dari Dirjen Diknas Prof Fasli Jalal di Istiqlal.
Banyaknya istilah singkatan untuk
Pembelajar paradigma baru awalnya bangun 40 KD cape deh.

Prinsip pembenaran sama Belajar dan bermain dengan 5 M : menempel, menggunting dan menggunakan pensil, kertas Plano, White board,bagaimana menghndari kebosan ciptakan ktrativitas sehingga belajar dan bermain berlanjut, misalnya dengan Bongkar pasang balok dan biarkan kebebasannya selama tidak membahayakan.

Pendampingan Guru harus merekam, Poto, mem videokannya
agar murid bisa dikontrol dengan kurikulum mandiri dan Mandiri belajar, kurikulum belajar.

Prinsip belajar optimal bila guru mampu mengenali kondisi muridnya dengan Diferensiasi.

Alternatif bisa mengembangkan dengan KOS (Kurikulum Operasional Satuan) yang memuat visi misi, tujuan dan program beriman dan bertaqwa dengan membangun karakter Pancasila sampai SMA dengan sistim proyek
beriman bertaqwa berakhlak mulia sehingga murid kenal dengan jati dirinya bisa berakhlaq, primordial, mengerjakan ibadah mahdho, ber Bhineka global, menjadi kreativ dengan pertanyaan pancingan oleh Guru sehingga murid bermusyawaroh.

Agar tak mematikan kreativitasnya, murid dipancing ber pendapat dan menyepakatinya dengan gotong royong, sehingga mampu ciptakan kemandirian dan ber experimen.

Dan akhirnya Guru Cikal Harapan yang Baperan (bawa perubahan)
dengan kompetensi pembelajaran yang diharapkan dicapai peserta didik pada akhir jenjang paud, pra anak masuk SD.

Mahdi,Citra Indonesia

47 Views