Awas Penipuan via WhatsApp ! Begini modusnya

CITRA INDONESIA ONLINE – Kemajuan komunikasi via medsos dan aplikasi chat yang berbasis internet memang sangat membantu namun kemajuan kejahatan juga kerap mengikutinya, beberapa korban sudah banyak yang tertipu meskipun kebanyakan dalam bentuk berita HOAX dan meminta sejumlah nominal uang tapi biasanya jarang yang melaporkan ke pihak yang berwajib.

Mungkin Ketika era pilpres Hoax berbentuk ujaran kebencian dan rasisme kini di beberapa kasus kejahatan komunikasi dalam bentuk pinjam/meminta sejumlah uang kepada korban dengan modus berpura pura sebagai orang yang di kenal seperti teman bahkan saudara,biasanya akun chat/medsos yang bersangkutan sudah di hack/bajak atau di kloning (gandakan) terlebih dahulu sehingga korban merasa itu memang betul teman atau saudara.

 

Beberapa trik modus kejahatan yang di pakai :

1.pinjam uang

2.kehabisan ongkos

3.kena tilang

4.biaya berobat,bayar kontrakan dll.

Untuk itu kita harus waspada ketika ada teman saudara yang tiba tiba meminta di transfer sejumlah uang dengan bahasa yang kaku,nomor rekening berbeda,sedikit memaksa,di jawab berbelit dan ngaco, serta mengimingi dikembalikan cepat dan dilebihkan.

Usahakan tes orang tersebut dengan pertanyaan yang kemungkinan dia tidak tahu terlebih dahulu,ajak bertemu langsung atau  video call karena kemungkinan akun medsos dan WhatsApp sudah di bajak atau di kloning/palsukan.

Jika hal tersebut terjadi pada anda jangan langsung mentransfer kroscek terlebih dahulu dan tanyakan kepada teman yang lain,biasanya pelaku menyasar ke beberapa orang  dengan bahasa yang sama dan jika yang lain pun di kirim trik yang sama sudah di pastikan itu modus kejahatan.

 berikan informasi ini kepada kerabat terdekat anda, karena bukan tidak mungkin suatu saat anda sendiri yang akan menjadi korban kejahatan aplikasi komunikasi.

 

 

DD/Citra Indonesia Online

477 Views