Aparat pemerintah langsung Datangi Terkait Pemberitaan Sampah di Kali Krukut

Depok Citra Indonesia,- Repons pihak Kelurahan, Kecamatan Pancoran Mas, DLHK Kota Depok, dan LPM Pancoran Mas atas keluhahan warga Perumahan Puri Mas Kota Depok terkait onggokan sampah di Kali Krukut.

Senin (22/2/2021),

Soleh yang mewakili Kelurahan Pancoran Mas, Budiadi sebagai Ketua RW 20 yang diketahui sebagian warganya membuang sampah sembarangan, Ketua RW 20 Budiadi, dan Suwardi dari DLHK Kota Depok menyambangi lokasi sebagaimana dikeluhkan Haji Iwan bersama warga lain Perumahan Puri Mas Kota Depok. Hadir pula Labet, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Pancoran Mas, dan Ketua RT 04 RW 10 Pardan.

Pada pertemuan di lokasi sekitar onggokan sampah Kali Krukut yang melintas Perumahan Puri Mas Kota Depok dibicarakan kelanjutan giat normalisasi kali yang digagas Haji Iwan serta langkah konkret mengatasi onggokan sampah yang berpotensi menyebabkan banjir maupun tanah lonsgor di saat cuaca ekstrem berupa hujan lebat beruntun diserta petir dan angin kecang pada hari-hari belakangan.

Soleh dari Kelurahan Pancoran Mas, Suwardi mewakili DLHK Kota depok, dan Labet sebagai Ketua LPM Kecamatan Pancoran Mas juga mengingatkan Ketua RW 10 Pardan agar tak segan menegur warganya buat bersama menjalankan tertib lingkungan, termasuk tidak sembarangan membuang sampah.

Dari pihak Kelurahan dan Kecamatan Pancoran Mas maupun DLHK Kota Depok serta LPM setempat pun menyatakan dukungan penuh atas prakarsa Haji Iwan bersama warga lain Perumahan Puri Mas Kota Depok dalam pelaksnaan normalisasi Kali Krukut. Mereka memahami keluhan sekaligus kekhawatiran giat normalisasi Kali Krukut jadi tidak efektif jika budaya buruk membuang sampah sembarangan terus dibiarkan. “Pak RW 20 jangan ragu menegur begitu tahu atau melihat langsung warganya membuang sampah di pinggirian Kali Krukut. Ini kebiasaan negatif yang harus dihentikan,” tukas Soleh.

Atas respons cepat ini, Haji Iwan bersama warga lain Perumahan Puri Mas Kota Depok menyatakan apresiasinya sekaligus terima kasih. Mereka berharap dari respons dan kunjungan langsung ke lokasi ini segera terwujud progres dalam arti ada perbaikan perilaku warga dalam membuang sampah dan upaya mengatasi onggokan sampah di sebagian areal Kali Krukut.

“Sampah warga seberang perumahan kami tidak dibuang pada tempatnya. Masih sembarangan dan ini mengganggu warga Puri Mas yang sedang giat menormalisasi Kali Krukut guna menghindari risiko banjir maupun tanah longsor di musim hujan ekstrem saat ini. Alhamdulillah, keluhan kami langsung direspons pihak berwenang”

Semoga saja kunjungan pihak kelurahan, kecamatan, DLHK Kota Depok, dan LPM Pancoran Mas ini segera membuahkan hasil, yaitu warga seberang tidak lagi sembarang membuang sampah dan Kali Krukut kembali bersih sekaligus lancar agar tidak jadi penyebab banjir maupun tanah longsor,” ungkap Haji Iwan, warga Puri Mas RT 04, RW 20 yang juga penggerak giat normalisasi Kali Krukut.

(Dd)

74 Views