AKPI Gelar Pendidikan calon kurator serta pengurus angkatan ke XXIX di Surabaya.

Surabaya,- Citra Indonesia,- Ketua Umum AKPI Dr. Jimmy Simanjuntak, S.H.,MH : para kurator serta pengurus yang mengikuti pendidikan dalam menjalankan tugas profesinya, tidak ada lagi keraguan,”

Sebanyak 26 mata ajar materi pelajaran pemantapan etika dan standart profesi yang berlaku di AKPI (Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia) diberikan kepada 150 peserta selektifitas ujian pendidikan kurator di seluruh Indonesia sesuai ijin komite bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Indonesia (HAM).

Asosiasi Kurator serta Pengurus Indonesia (AKPI) menggelar pendidikan calon kurator serta pengurus angkatan ke XXIX di Surabaya. Sebanyak 50 peserta mengikuti pendidikan yang diselenggrakan oleh Organisasi paling tua di lingkup Kurator ini.

Ketua Umum AKPI Dr. Jimmy Simanjuntak, S.H., M.H. mengatakan, kegiatan pendidikan kurator ini digelar selama dua pekan ke depan, yakni mulai Senin (6/6/2022) hingga Sabtu (18/6/2022) mendatang. Adapun pendidikan kurator serta pengurus angkatan kali ini, merupakan agenda rutin yang terus dilakukan AKPI.
AKPI ingin melahirkan kurator-kurator yang profesional untuk melakukan tugas profesinya dalam rangka pengembangan serta pelaksanaan hukum kepailitan di Indonesia,” ujar Jimmy di sela-sela acara.

Untuk pelaksanaan pendidikan yang dihelat di Surabaya ini kata Jimmy diikuti oleh 50 peserta. Sementara jumlah keseluruhan peserta pendidikan kurator di seluruh Indonesia 150 peserta itu sesuai ijin komite bersama Kementerian Hukum serta Hak Asasi Indonesia (HAM).

Jimmy juga mengatakan, yang membedakan pendidikan kurator serta pengurus tahun ini dengan tahun sebelumnya ialah bahwa para peserta tahun ini lebih punya integritas.

“Integritas yang dimaksud ialah, para kurator serta pengurus yang mengikuti pendidikan tahun ini diharapkan, dalam menjalankan tugas profesinya, tidak ada lagi keraguan,” papar Jimmy.

Sementara Ketua Pendidikan AKPI, Januardo Sihombing, SH.MH,.MA membenarkan adanya kegiatan tersebut dimulai 06 Juni-18 Juni 2022, bertempat di Shangrila Hotel Surabaya. Kegiatan ini dibagi dua, yakni 100 peserta di Jakarta yang sudah berjalan minggu lalu dan 50 peserta di Surabaya masuk dalam peserta angkatan ke-XXIX.

“Tahun ini, untuk tes kualifikasi peserta lolos telah melalui dinamika perubahan syarat hak menjadi peserta, yakni secara online dengan metode system berbasis komputer guna ketepatan, kecepatan dan kebenaran dalam menjawab 6 dari 10 soal cepat dan dipastikan dari soal yang ada sudah pasti berbeda lantaran dibuat memakai system algoritma online, jadi antara satu peserta dengan peserta lain, materi pemberian soal tidak sama,” beber Januardo yang juga ketua panitia pelaksana kegiatan pendidikan kurator dan pengurus angkatan ke- XXIX, rabu

Selain itu, lanjut Januardo kegiatan ujian ini merupakan agenda rutin tahunan AKPI guna selektifitas pemahaman para akuntan publik dan advokat untuk jadi penyaji kurator yang mampu me-literasi, edukasi hingga implementasi tentang hukum Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang diatur sesuai pasal 1 angka 1 Undang-undang Nomor 37 Tahun 2004.

(Tony CI)

78 Views