Cegah Kekerasan pada anak kelurahan mekarjaya lakukan upaya Pelatihan KHA

CITRA INDONESIA ONLINE – Puluhan kader dan juga RT/RW serta perwakilan karang taruna menjalani Seminar sosialisasi KHA (Konvensi Hak Anak) yang di gelar oleh pihak kelurahan (Kamis,7/11) yang berlangsung di aula kelurahan mekarjaya kec Sukmajaya Depok dengan menghadirkan narasumber dari mitra DPAPMK yaitu FORUM KOTA LAYAK ANAK Retno Wijayanti .

Berbagai materi tentang Hak anak beserta permasalahan nya di ungkapkan oleh nara sumber melalui teori audio visual dan sesi tanya jawab sekaligus berbagi informasi, Salah satunya adalah terkait tentang adopsi anak dan perlunya memantau panti asuhan yang berada di wilayah masing masing agar sesuai prosedur.

” Yang pasti lembaga itu harus berbadan hukum karena secara otomatis dia memiliki persyaratan yang di wajibkan oleh UU sehingga anak akan mendapat pengaruh yang layak” Papar Narasumber FKLA.

Beliau juga mengatakan terkait  panti yang memiliki kasus juga ada laporannya di depok, namun yang lebih faham lebih rinci adalah dinas sosial.

Sedangkan Lurah Mekarjaya Zainal Arifin menjelaskan akan terus Mensupport visi misi program walikota Depok untuk mewujudkan kota depok layak anak,Kelurahahan Layak anak dan RW Ramah anak selain itu juga beliau tidak menampik kalau belum seluruhnya RW Ramah anak terbentuk di kelurahahan mekarjaya untuk itu dengan kegiatan ini beliau berharap seluruh RW serta komponen nya bergerak dan minimal membentuk kepengurusan pokja Ramah anak serta kegiatan nyata.

” Kami berharap ke depan di kelurahan mekarjaya ini tidak ada kasus kekerasan khususnya kepada anak dan ibu rumah tangga dan tahun ini hanya ada 1 kasus tapi sudah di tangani dan mediasi ” Papar Lurah Mekarjaya Zainal Arifin.

Terkait panti beliau mengatakan dalam waktu dekat akan melakukan kunjungan untuk memeriksa legalitas keabsahan dan lain nya bersama dengan Babinsa,linmas dan LPM.

 

 

DD/CITRA INDONESIA ONLINE

 

140 Views