Anies Baswedan Ingin Tingkatkan Rapid Test dengan Uji Swab

Jakarta – Citra Indonesia -Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan akan meningkatkan rapid test Corona dengan pemeriksaan tes swab atau cairan di tenggorokan. Upaya itu diambil agar akurasi pemeriksaan dengan hasil positif lebih tinggi dari rapid test yang menggunakan sampel darah.

“Kami perlu meningkatkan kemampuan untuk menggunakan tes menggunakan swab dengan mengambil sampel dari liur. Nah, ini yang perlu kami tingkatkan karena tingkat akurasinya memang cukup tinggi,” ujar Anies saat telekonferensi dengan Wakil Presiden RI, Kamis 2 April 2020.

Anies menyebutkan DKI tengah mengembangkan laboratorium yang ada di Jakarta untuk bisa mengekstrasi sehingga proses pemeriksaan bisa dikerjakan lebih cepat.

Menurut nya di, Pemprov DKI telah berkonsolidasi dengan laboratorium yang ada di Jakarta untuk mengembangkan kapasitas. Sebab dari tren yang terjadi di Jakarta, setiap hari kasus positif Corona terus bertambah.

Anies mendorong agar pemeriksaan yang lebih cepat dilakukan juga di level nasional. Karena dengan hasil yang keluar lebih cepat bisa langsung mengambil tindakan untuk menghentikan penularan. “Banyak dari kasus itu terlambat tahunya, terlambat penanganannya. Akibatnya fatal atau kita terlambat mendeteksi sehingga dia sudah menularkan kepada yang lainnya,” ujarnya.

(Dd*)

133 Views