Banyak PHK Imbas dari Covid,-19 “Pemerintah diminta siapkan JPS”

Jakarta,- Citra Indonesia,- Pengamat ekonomi dan Guru Besar Ilmu Ekonomi Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. M. Firdaus mengingatkan pemerintah untuk menyiapkan lapangan kerja baru dan jaring pengaman sosial bagi masyarakat yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) imbas dari pandemi Covid-19.

“Jaring pengaman sosial ini perlu disiapkan bagi pekerja harian yang terdampak PHK. Dalam jangka panjang, pemerintah juga harus mulai menyiapkan kepastian adanya lapangan kerja baru dan memastikan investasi bisa kembali ditarik masuk dan membuka lapangan pekerjaan,” kata Firdaus di Jakarta, Kamis (9/4)

Menurut dia, beberapa regulasi yang sedang dan akan dijalankan saat ini perlu dilanjutkan. Perubahan konsep Kartu Pra Kerja menjadi program jaring pengaman sosial dan bantuan khusus bagi mereka yang terdampak Covid-19 adalah langkah yang bagus.

setidaknya,ini bisa memberikan rasa aman bagi para pekerja harian terdampak dan memberikan opsi skill baru.

Harapannya, mereka bisa bekerja kembali ditempat semula pasca pandemi ini berakhir.jika tidak bisa pemerintah memang perlu memastikan pendataan dan penyaluran tenaga kerja juga papar Firdaus
(Dd*)

23 Views