Depok siapkan Dana Stimulus untuk Pembentukan Kampung Siaga Covid-19

Depok -Citra Indonesia,- Pemerintah Kota Depok di Propinsi Jawa Barat Menyiapkan Dana Stimulus untuk Pembentukan Kampung Siaga Covid-19 di lingkungan Rukun warga sebagai bagian dari upaya menanggulangi penularan Virus Corona

pasilitas yang diterima untuk pembentukan kampung siaga covid-19 berupa dana stimulan sebesar Rp 3 juta,” papar Idris saat di siaran pers pemerintah kota Depok Sabtu (4/4/20)

Idris menjelaskan, pembentukan Kampung Siaga COVID-19 melibatkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekolah Relawan, dan komunitas warga.

“Kita formalkan dalam kebijakan Pemerintah Kota berupa Instruksi Walikota Depok Nomor 02 Tahun 2020 tentang Pembentukan Kampung Siaga COVID-19 dan Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 443/166-Huk/DPKP tentang Pembentukan Gugus Tugas,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Mengenai anggaran untuk penanggulangan COVID-19, Idris menjelaskan bahwa pada tahap pertama dana Rp 20 miliar telah dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan Dinas Kesehatan dan rumah sakit umum daerah.

Pada tahap kedua, ia melanjutkan, pemerintah mengalokasikan dana Rp 23 miliar untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit umum daerah, Rumah Sakit Universitas Indonesia, Pemadam Kebakaran, dan Dinas Sosial.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah belum menetapkan Kota Depok sebagai wilayah yang harus menjalankan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020.

Pemerintah Kota Depok, menurut dia, saat ini fokus menjalankan percepatan penanganan Corona berbasis komunitas melalui pembentukan Kampung Siaga COVID-19 di lingkungan rukun warga.

(Dd*)

39 Views