BASOLIA Kota Depok Bekerjasama Dengan HKBP Cilodong Dan PGIS Kota Depok Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Dan Pembagian Sembako Gratis

DEPOK, citraindonesiaonline.id – Dalam mewujudkan akan nilai-nilai Pancasila sebagaimana yang disebutkan dalam Sila Kedua (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab), BASOLIA Kota Depok kembali melaksanakan aksi sosial. Kali ini dilakukan di RW.01 dan RW.03 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Sabtu (31/08/2019).

Ust. Syahroni (Ketua BASOLIA Kota Depok) mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pembagian sembako gratis ini diperuntukan bagi warga masyarakat kurang mampu, dan yang mengalami kesulitan akses dalam berobat.

“Kegiatan ini kami adakan atas kerjasama BASOLIA Kota Depok dengan HKBP Cilodong dan PGIS Kota Depok. Fokus dari kegiatan ini adalah untuk masyarakat kurang mampu yang ada di RW.01 dan RW.03, Kel. Kalibaru, Kecamatan Cilodong. Terutama bagi warga masyarakat yang kesulitan berobat karena belum memiliki BPJS karena keterbatasan ekonomi.” ucap Syahroni.
Sementara itu BASOLIA direncanakan akan melakukan aksi serupa pada bulan Oktober di Kecamatan Tapos.

“Kedepan, kami agendakan akan melaksanakan hal serupa (pemeriksaan kesehatan dan pembagian sembako gratis) bagi warga masyarakat di Kecamatan Tapos. Kami berharap ini akan dapat dilaksanakan. Oleh sebab itu kami butuh suport teman-teman semuanya, termasuk rekan-rekan media untuk mendoakan kami agar dapat terus berbuat bagi Kota Depok ini” tutur Syahroni sembari pamit.

Sementara itu Ranap Sinaga selaku Sekretaris Umum PGIS Kota Depok mengatakan bahwa kegiatan aksi sosial ini adalah salah satu konsern dari salah satu bidang PGIS Kota Depok, dimana menjalin silahturahmi dengan masyarakat melalui program peduli masyarakat.
Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini rutin dikakukan tiap bulannya.

“Yang pertama kami atas nama PGIS Kota Depok berterima kasih kepada BASOLIA Kota Depok yang adalah mitra dalam pelayanan. Yaitu aksi sosial bagi masyarakat. Yang kedua, kami berterima kasih kepada Pemerintah, dalam hal ini yang melalui Sekretaris Daerah Kota Depok Bpk. drg. Hardiono telah membantu kelancaran kegiatan ini. Yaitu melalui bantuan obat-obatan dan alat medis, serta beberapa tenaga dokter yang didatangkan dari Puskesmas Cilodong. Tentu ini sangat membantu sekali kegiatan ini. Kegiatan ini juga adalah termasuk program PGIS. Dimana melakukan aksi sosial bagi masyarakat bekerjasama dengan BASOLIA dan HKBP Cilodong. tutur Ranap.

Ia juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat menjadi sarana komunikasi dalam menjalin hubungan yang baik di anatara masyarakat sekitar, “harapan kami agar supaya kegiatan ini dapat menjadi sarana komunikasi yang baik di anatara warga masyarakat. Baik itu masyarakat dengan lingkungan, masyarakat dengan gereja, ataupun dengan pemerintah. Sehingga dapat memperkecil timbulnya gesekan dan stigma yang melekat selama ini, bahwa Depok Kota Intoleran. Dengan kegiatan ini, harapannya dapat memperkecil itu. Bahkan dapat menjadikan Depok Kota Toleran, ya melalui kegiatan peduli sosial seperti ini” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Pnt. Siahaan (Sekretaris Majelis Jemaat HKBP Cilodong) menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial ini adalah merupakan kepedulian gereja bagi masyarakat sekitar. Terlebih bagi masyarakat yang tidak mampu ekonominya.

“Kami selaku Panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan ini adalah kegiatan sosial yang diperuntukan bagi warga masyarakat sekitar. Terutama warga yang ada di RW.01 dan RW.03 Kel. Kalibaru Kec. Cilodong yang mengalami kesulitan dalam melakukan pengobatan” ucap Siahaan.

Beliau juga menambahkan, bahwa dalam pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan ialah cek golongan darah, cek gula darah, asam urat dan kolesterol. Sementara untuk kegiatan sosial ialah dilakukannya pembagian sembako, yang ditargetkan peserta dalam kegiatan ini berjumlah 200 orang.

“Target peserta kegiatan ini berjumlah 200 orang. Namun kami tidak menutup pintu jika melebihi dari target yang sudah kami targetkan. Bagaimana pun juga ini adalah pelayanan kemanusiaan. Jadi kalau yang datang dan pesertanya lebih dari 200 orang kami tetap akan melayani” ucap Siahaan.

Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Terutama bagi warga masyarakat yang kesulitan berobat.

Sekretaris Umum FKUB Kota Depok, H. Loepianto yang juga turut hadir dalam kegiatan ini. Ia juga sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada BASOLIA Kota Depok, HKBP Cilodong dan PGIS Kota Depok karena mau mengambil peran dalam melakukan aksis kepedulian bagi masyarakat.

“Selaku Pengurus FKUB Kota Depok, tentu saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ini adalah contoh kegiatan yang baik. Bahwa kegiatan itu harus bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri. Taoi bagi banyak orang. Terutama bagi orang-orang yang kuramg mampu. Apa yang dilakukan ini juga membantu kami (FKUB Kota Depok) dalam menciptakan dan menghadirkan komunikasi dan silahturahmi antar masyarakat. Ini juga mengikis isu dan pandangan bahwa Kota Depok kota yang intoleran. Itu salah, menurut saya Depok adalah kota Toleran. Ini bisa kita lihat pada kegiatan ini” tegas Loepianto.

Ia juga berharap agar kegiatan semacam ini terus dilakukan guna menciptakan depok kota yang toleran. Ditambahkannya lagi, bahwa Pemerintah Kota Depok juga harus mampu melihat hal ini terutama peruntukan dan peningkatan anggaran dari Pemerintah bagi Organisasi seperti BASOLIA, FKUB dan PGIS guna menunjang program dan visi Pemerintah Kita Depok dalam menjadikan Depok Kota yang unggul, nyaman dan religius.

Senada dengan itu, KH. Maksum Ali (Syuriah PCNU Kota Depok) menghimbau kepada warga masyarakat, Pimpinan dan Tokoh Agama serta Pemerintah Kota Depok untuk aktif melakukan hal-hal positif sebagaimana yang dilakukan oleh BASOLIA Kota Depok, HKBP Cilodong dan PGIS.

“Saya menghimbau agar kita semua, warga masyarakat, para Pimpinan dan Tokoh Agama, serta Pemerintah Kota Depok untuk melakukan hal-hal positif seperti ini. Terutama kegiatan-kegiatan kemanusian. Sehingga dapat menumbuhkan rasa persaudaraan dan persatuan diantara kita” tegas KH. Maksum.

Sementara itu, M.Ferry Siburian selaku Ketua DPC GAMKI Depok menegaskan bahwa kegiatan aksi sosial ini adalah kegiatan yang mulia dan harus didukung. Bahwa kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup masyarakat serta terciptanya kerukunan dan kedamaian di dalam lingkungan masyarakat tidak akan bisa terwujud tanpa didasari “kepedulian”.

“Ini kegiatan yang baik dan mulia. Kegiatan semacam ini haruslah kita dukung. Yang terpenting dari kegiatan ini, adalah kepedulian. Yaitu kepedulian untuk mau melihat permasalahan masyarakat. Bahwa BASOLIA Kota Depok, KHBP Cilodong dan PGIS Kota Depok telah melakukan itu. Dan semuanya didasari karena rasa peduli terhadap sesama. Saya berharap agar kegiatan semacam ini terus dilakukan. Kita tidak mampu menjawab seluruh permasalah yang ada di masyarakat, namun setidaknya kita bisa menghadirkan cinta kasih ini” tutup Ferry. (Steven,adry)

86 Views