Bantu Kinerja Polri, S Stanley Sumampouw Dirikan Maspolin

Citraindonesiaonline.id – MASPOLIN singkatan dari Masyarakat Polisi Indonesia atau Indonesian Police Community (IPC) adalah komunitas masyarakat yang berdiri sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan atas kondisi institusi polri yang perlu di dukung kinerjanya dan Mendorong index public trustnya di mata masyarakat agar lebih baik lagi. Selasa, 27/8

Masyarakat Polisi Indonesia (MASPOLIN) secara sempit berarti kumpulan masyarakat yang peduli dan berkontribusi secara aktif pada kinerja dan profesionalisme polri. Tujuan akhirnya adalah institusi polri yang kuat dan bermartabat.

Masyarakat Polisi Indonesia (MASPOLIN) secara luas berarti masyarakat yang bersifat polisi, dimana kesadaran hukum dan semangat saling menjaga keamanan serta ketertiban telah tumbuh dalam setiap diri anggota masyarakat. Sehingga jiwa polisi ada dalam setiap orang. Jiwa melindungi dan mengayomi, jiwa menjaga dan memelihara.

Para perintis memiliki semangat dan pandangan yang sama, bahwa polri adalah institusi negara yang wajib dijaga kehormatan dan kewibawaannya. Dikuatkan dari dalam dengan peningkatan kinerja dan perbaikan pelayanan, menjadi institusi yang profesional dan modern. Dijaga dari luar dengan membangun citra yang positif dan meng-conter opini negatif yang sengaja disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pegiat MASPOLIN berasal dari masyarakat sipil dan anggota polisi aktif. Pengrusakan dan pelemahan institusi polri tidak hanya dilakukan orang luar saja, tetapi setiap oknum anggota yang menyimpang dan tidak amanah adalah perusak citra polri. Sehingga kepedulian harus dimulai dari dalam tubuh institusi polri itu sendiri.

MASPOLIN diinisiasi oleh beberapa orang yang memiliki visi dan misi sama, dari berbagai kalangan dan profesi, lintas kota bahkan pulau, disatukan oleh semangat mewujudkan institusi polri yang kuat dan bermartabat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adalah S Stanley Sumampouw, seorang pengusaha, tinggal di Jakarta. Dengan pengalaman sebagai profesional memimpin perusahaan dan interaksi puluhan tahun dengan polri secara institusi maupun personal. Dari beliaulah ide dan gagasan pembentukan MASPOLIN pertama kali muncul.

Gagasan tersebut makin matang dan solid setelah didiskusikan dengan beberapa aktifis yang peduli dengan institusi polri, termasuk yang diajak sharing adalah anggota aktif kepolisian. (Dd/Citra Indonesia)

174 Views